Friday, April 10, 2020

Mengubah Angka Menjadi Huruf atau Terbilang



Hallo sahabat MGW dimana pun Anda berada, Salam sejahtera, semoga kita semua masih tetap dalam lindungannya, Amin.

Sahabat MGW, kali ini kami posting cara mengubah angka menjadi huruf atau biasa diistilahkan mengubah angka menjadi terbilang. Tentunya ini merupakan pekerjaan yang membutuhkan waktu juga, jika pada dokumen atau kuwitansi yang kita kerjakan untuk kelengkapan dokumen keuangan kita sangat banyak, karena kita perlu mengetikan satu persatu tebilangnya sesuai nominal uang yang tertera pada setiap kuwitansi keuangan kita.

Nah, sahabat MGW itu sangat repotkan jika dikerjakan manual, namun sahabat MGW sekalian tidak akan melakukan hal repot itu lagi, karena kali ini ada cara mudah dan automatis mengubah angka menjadi terbilang atau angka menjadi huruf. Simaklah dengan baik langkah-langkahnya di bawah ini, agar sahabat MGW bisa memahami dan mengaplikasikannya nanti.

Berikut langkah-langkah mengubah angka menjadi terbilang pada file atau aplikasi MS. Office Excel:

Cara Setting Add Ins Terbilang
  1. Pesiapkan bahannya, berupa Add Ins terbilang sesuai dengan versi aplikasi MS. Office Excel yang diinstal dilaptop atau komputernya. (File Terbilang tersebut bisa Anda download pada link di bagian akhir artikel ini)
  2. Bukalah aplikasi Excel atau file dokumen atau kuwitansi Anda yang tipe excel, kemudian arahkan kursornya ke bagian kiri atas, bagi yang menggunakan office 2007, silahkan klik gambar officenya, atau bagi yang menggunkan office 2010 dan ke atasnya maka klik menu tab File.

  3. Kemudian pilih "excel options" bagi yang menggunakan office 2007 dan pilih "options" bagi yang menggunakan 2010 atau ke atasnya
  4. Setelah terbuka jendela Excel Options, pilih Add Ins, lalu kemudian klik "Go..."
  5. Setelah terbuka jendela Add Ins, selanjutnya pilih atau klik menu Browse, kemudian cari file terbilang yang telah Anda donwload sebelumnya, lalu pilih "Ok"
  6. Pastikan terbilang yang disett terceklis, selanjutnya klik "Ok", Jika Anda sudah lalui sampai ditahap ini, maka Add Ins terbilang Excel Anda sudah dapat digunakan.
Cara menggunakan Add Ins Terbilang
  1. Klik Sell yang akan dibuatkan terbilang
  2. Ketikkan tanda "sama dengan" ( = )
  3. Lalu Ketikkan Terbilang dilanjutkan dengan buka kurung.
  4. Klik nominal uang pada kuwintansi, ketikkan atau balas tutup kurunganya.
  5. Lalu tekan "Enter"
Agar lebih paham lagi, silahkan sahabat MGW menonton video tutorial berikut ini!



Ling Download File Terbilang: